Vermikompos: Saatnya Menanam Cacing!!!

5 April 2009 at 23:09 25 comments

Ahad, 5 April 2009.

Saat itu hari tidak terlalu cerah (dan berakhir dengan hujan). Kami bertujuh (Isti, Ulan, Fau2, Shinta, Hegar, Rian, dan the newcomer [yg baru kali ini dateng maksudnya..] Nadia) kembali ke Panyandaan untuk berjumpa kembali dengan para penggemar kami yang setia kompos yang telah kita buat beberapa waktu silam.

Ketika kami melihat lokasinya, kami dibuat cukup terkejut dan terharu karena ternyata Pak Ikim telah membuat semacam tenda (mirip2 greenhouse gitu lah) agar pembuatan kompos menjadi lebih kondusif! Dan ternyata, beliau membuatnya seorang diri selama 2 hari! Hiks.. Rupanya kita tidak berjuang seorang diri kawan2.. T_T Terima kasih Pak Ikim.. (nada Afgan).

Lanjut.

Pada hari ini, kompos kita telah saatnya untuk ditanami cacing. Beberapa hari sebelumnya, kita pesen cacing ke Pak Bambang. Cacing yang kami beli ada 3 jenis (dicampur): Eisenia foetida (tiger worm), Lumbricus rubellus, dan Pheretima asiatica. Yang cukup merepotkan adalah saat cacing-cacing tersebut harus dibawa dari rumah Pak Bambang ke Panyandaan. Beurat beuh.. Sebenernya kalo cuma cacingnya aja mah ga bakal terlalu berat. Tapi kan bawanya sekalian dengan media cacingnya. Udah gitu, 2 kresekeun deuih. Beuki we.. Dan karena cacing2 tersebut sangat sensitif, perjalanan dengan motor melalui rute ke Panyandaan yang jalannya tidak terlalu baik (rusak lah) membuat cacing2 tersebut stres.. Faktor guncangan menjadi penyebab utama stresnya cacing2 tersebut. Sebenarnya, kita sendiri tidak tau apakah cacing2 tersebut stres atau tidak. Namun, Pak Zamzam yang sudah lama malang melintang di dunia percacingan bilang bahwa cacing stres baunya beda. Katanya, karena mengeluarkan zat tertentu. Enzim atau apa gitu ya? Mohon maap penulis rada lupa.

Edited: rupanya, setelah diingatkan oleh Pow2, beginilah penjelasannya: cacing (yang mengandung protein tinggi itu) ketika mati dia akan menghasilkan nitrit yang berbahaya bukan hanya bagi cacing lain tapi juga bahaya bagi tanaman. Makanya cacing yang stress dan mau mati itu harus dipisahin dari yang lain.

cacing-ready

Cacing yang telah siap ditanam di dalam kompos ini akan dimasukkan ke dalam jolang/ember bersama-sama dengan kompos. Namun, rupanya kompos yang kita buat di waktu sebelumnya itu terlalu basah (kemungkinan karena terlalu lembab, kan hujan terus, atau karena ee sapi yang terlalu banyak airnya pada saat pencairan). Sehingga, untuk itu diperlukan penyerap air dari kompos itu. Atas instruksi Pak Zamzam, kita gunakan sisa2 ranting (atau apa ya namanya?) waluh yang telah kering. Supaya lebih efektif, perlu dicacah2 dulu.

cacah-kering

Setelah itu, hasil cacahan dimasukkan ke dalam jolang. Diletakkan di dasar dan diratakan. Nantinya di atas ini akan diletakkan cacing2 dan kompos.

sebar-cacahan

Sebenarnya, kalo komposnya cukup kering (tidak terlalu basah), kita tidak perlu menambahkan ranting2 kering itu. Tapi karena basah ya udah deh kita pasang.

Lanjut.

Cacing dan kompos lalu dimasukkan ke dalam jolang (di atas ranting2 kering). Posisi peletakkan cacing dan kompos dibuat bersebelahan. Pertama, kita posisikan dulu cacing2nya (including the media).

tanam-cacing

Kemudian kita beri kompos di sebelahnya hingga jolang penuh terisi. Komposnya kita letakkan bersebelahan dengan cacing2 dengan tujuan agar ketika nutrisi pada media cacing telah habis, cacing berpindah ke sebelah (ke kompos) untuk mencari makanan baru. Sampai warnanya menjadi kehitaman, tidak berbau, dan berbentuk butiran halus, maka artinya vermikompos telah jadi dan siap digunakan.

kasih-kompos

Akhirnya jolang2 yang sudah terisi kita letakkan lagi di atas dipan bambu di dalam tenda yang telah dibuat Pak Ikim. Selesay dweh..

pak-ikim-dan-vermikompos

Walaupun proyek ini belum selesai, sekali lagi terima kasih sebanyak-banyaknya kami ucapkan kepada Pak Ikim yang telah dengan susah payahnya membantu kami.. Makasih ya Pak..

Tamat.

Entry filed under: Liputan, Pictures of Bioter. Tags: .

Pemanfaatan Vermikompos di Panyandaan Brosur Vermikompos Bioter

25 Comments Add your own

  • 1. wanita jepang no1  |  6 April 2009 at 09:11

    HUWAAAA………
    maap teman aku tak ikut membantu…tampak kalian merindukan kehadirankuh…=)
    tampak banyak kerjaan… serius pulangnya magrib??
    HUWAAAA….pak ikim hebat kali….

    Reply
    • 2. r  |  6 April 2009 at 16:19

      it’s more like we miss your tempe.. kuhihihi..

      Reply
      • 3. wanita jepang no1  |  13 April 2009 at 14:01

        memangnya kaw bawa sesuatu????? dasar tak modal!!!!!!

        Reply
        • 4. r  |  13 April 2009 at 17:24

          daripada ga dateng???

          Reply
          • 5. wanita jepang no1  |  15 April 2009 at 14:28

            hiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh……….daripada dateng tapi tak ada kerjaan????

            Reply
            • 6. r  |  15 April 2009 at 20:13

              daripada ga ikut foto kompem????

              Reply
  • 7. zombioter  |  6 April 2009 at 10:18

    aku juga ikut mencacah lho…..

    Reply
  • 8. wanita jepang no1  |  6 April 2009 at 11:31

    btw apa kabar ikha??

    Reply
    • 9. zombioter  |  6 April 2009 at 14:33

      ikha sdh dijodohkan dan sdh ditunagkan dengan orang lain….
      Bang sepertinya kalian tidak jodoh…..ikhlaskan sajah….
      mungkin kemarin dy ngundang kita bwt kenalan ma calonnya….hmmm

      Reply
      • 10. r  |  6 April 2009 at 16:21

        what???!
        man.. i feel depressed.. T_T

        ~menangis di bawah bantal~

        Reply
        • 11. turun5kggirl  |  8 April 2009 at 11:35

          cuih…..
          makanya jadi cowok harus agresif….keduluan deh ma orang..
          truss jangan NATO ( no action talk only…..)
          klo aku jadi ikha… sudah kutinggal nikah kaw, bukan tunangan lagih…. hahahaha….
          apa tuh menangis d bawah bantal….kayak judul film ajah….

          Reply
          • 12. wanita jepang no1  |  13 April 2009 at 14:07

            bukan!!! tiu daun di atas bantal!!!!

            Reply
  • 13. nad2  |  6 April 2009 at 11:41

    Ih, Rian… bukan pendatang baru da… Nad kan dah bolak2 kesono.. Makanya… dateng dung… hehehe…

    Anyway… sepulang dari sana tahukah teman2 bahwa rombongan di mobil isti terjebak di kegelapan malam cihideung akibat mogok? Tanpa penerangan. Gelap gulita. Kelaparan. Kecapekan. (lebay…)

    Hingga datanglah para penyelamat kami. Menderek mobil isti. Namun sayang…. Tali penderek tak cukup kokoh untuk mendereknya. Sehingga lepas lagi berkali-kali. Namun, tanpa mengenal lelah, para penyelamat itu memasang lagi. Lagi. Dan lagi. Hingga akhirnya mobil bisa berjalan kembali… dan mengantarkan kami hingga ke tujuan pulang…

    hihihi, senangnya… Thx alot pisan buat semua… Pekan depan masih lanjut? yuk ah

    Reply
    • 14. r  |  6 April 2009 at 16:22

      oiya?? beuh.. tragis pisan.. sampe jam brp tuh? sayang tidak ada foto liputannya..

      Reply
  • 15. powpow  |  6 April 2009 at 11:51

    klo g salah cacing yang mengandung protein tinggi itu ketika mati dia akan memnghasilkan nitrit yang berbahaya bukan hanya bagi cacing lain tapi juga bahaya bagi tanaman
    makanya cacing yang stress dan mw mati itu harus dipisahin dari yang lain…
    iyahhh,,,p’ikim d’best…
    nti qta botram lagi yukkkssss

    Reply
    • 16. r  |  6 April 2009 at 16:24

      oh heu euh jadi inget..
      thq pow..
      hayu botram lagi..
      menunya ganti ya!

      Reply
    • 17. turun5kggirl  |  8 April 2009 at 14:53

      hayuuuu… aku suka botram…..
      aku menemukan bakatku d sana…
      yaitu bakat memasak…telur…..
      nanti kumasak telur lagih…..ama tempeh lagih….
      cm agak banyak…… khukhukhu…..

      Reply
  • 18. icetea  |  6 April 2009 at 14:18

    Komplain bwt “r”…kok g ada foto isti yang keliatan y???
    hahahaha. Just Kidding

    Reply
    • 19. r  |  6 April 2009 at 16:24

      ai itu kan ada.. yang lagi memasukkan/meratakan sesuatu dari waluh di jolang..

      Reply
  • 20. icetea  |  6 April 2009 at 14:24

    Klo cacing stress baunya berbeda.. klo manusia stress bau juga ga ya???? HAHAHAHA…

    Reply
    • 21. r  |  6 April 2009 at 16:27

      beda lah.. kemaren kan saya wangi, berarti ga stes.

      Reply
      • 22. turun5kggirl  |  8 April 2009 at 14:56

        berarti abang sering stress yah…..
        soalnya sering bau….daripada wangi….(jujur)

        Reply
        • 23. wanita jepang no1  |  13 April 2009 at 14:11

          bau apa ya???

          Reply
  • 24. butonk  |  19 August 2009 at 13:06

    cacing sangat menjanjikan dan sangat menguntungkan baik bagi manusia hewan ikan dan tumbuhan jasanya membuat aku kaya raya thanks chacing

    Reply
    • 25. bioter  |  20 August 2009 at 13:52

      terima kasih butonk..
      salam kenal

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender Bioter

April 2009
M T W T F S S
« Mar   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Bioter’s History

Kunjungan ke Blog Bioter

  • 32,691 kali

%d bloggers like this: