Pemanfaatan Vermikompos di Panyandaan

19 March 2009 at 21:06 7 comments

Alhamdulillah..

Pada 14-15 Maret 2009, Bioter telah mulai melaksanakan kembali amanahnya sebagai organisasi yang bergerak di bidang kebiologiterapanan (heu euh da ngaranna ge Bioter!! :p).

Jadi.. Pada hari itu kuturut ayah ke kota, eh, kita para Bioter melakukan pelatihan penerapan vermikompos di desa binaan kita yaitu Desa Panyandaan.
Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan sampai bulan Juni 2009.
Yang 2 hari kemaren tuh baru langkah awal aja.
Tim kita (beberapa tidak masuk di foto karena ada yang udah pulang dan ada 1 orang yang motonya jadi dia ga ikut kefoto) ditambah Aki dan 1 anak (lupa namanya.. he2..):

Pada hari pertama kita mengadakan sharing apa sebenarnya vermikompos itu, dan bagaimana cara membuatnya.
Pembicaranya adalah Pak Zamzam:

Sementara pada hari ke-2, kita dan beberapa warga langsung praktek di lapangan!
Untuk membuat kompos dengan bantuan cacing ini, kita memakai bahan-bahan yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar desa.
Tanpa modal uang lah.. (paling kita beliin plastik trash bag untuk penutup, dan kalo ga ada pun, bisa pake daun pisang).
Sumber C nya kita pakai daun-daun dan batang-batangan dan sumber N nya kita pakai kotoran sapi yang diencerkan (hmm,, terlihat seperti jus alpukat lho.. yummy.. [hoek!!]).
Btw saya kecipratan dikit loh.
Inilah dia jus alpuket kita yang kalo dijual di gelap nyawang kayanya bakal ga laku:

Kemudian ditumpuk-tumpuklah itu semua bahan-bahan secara berselang-seling.
Daun-daun, ee sapi liquid, daun-daun, ee sapi liquid, dst sampai akhirnya pada tumpukan teratas ditutup oleh daun-daun kembali. (kebayang lah ya kalo tumpukan teratas adalah kotoran sapi..).

Upacara tabur daun:

Perayaan tuang ee:

Tumpuk-tumpuk kita berakhir sampai ketinggiannya kira-kira 1 meter.
Trus kita coveri dengan plastik trash bag biar terhindar dari serangan air hujan:

Selesai deh pelatihan kita untuk 2 hari itu.
Rencananya kita akan melakukan pengontrolan setiap minggu untuk mengetahui perkembangan kompos itu.
Jika sesuai dengan rencana, pada 2 minggu kemudian seharusnya cacing-cacing yang lucu itu sudah bisa untuk dimasukkan ke dalam kompos supaya komposnya makin sip tentunya.

Sekian dulu aja laporannya, kalo ada apa-apa ntar saya kabari lagi.
Yah, mudah-mudahan kompos ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang biasa digunakan oleh para petani disana.
Selain itu tentu saja kita harapkan hasil pertanian mereka akan meningkat secara kualitas maupun kuantitasnya.
Lebih-lebih lagi, pembuatan kompos ini mudah-mudahan dapat digunakan sebagai alternatif pengolahan sampah organik, karena dari informasi yang diberikan Pak Zamzam, hasil kompos hanya sekitar 10-40% dari keadaan semulanya (misalnya kita kan kemaren numpuk 1 meter, nah paling yg jadi kompos mah 25 cm lah).
See? Pastinya bisa kan ngurangin jumlah sampah, dan malah bisa dipake buat pupuk!

Semoga langkah kecil kita bisa bernilai untuk kemajuan masyarakat dan semoga menjadi amal ibadah kita semua! Amin!

(Untuk Anda yang membutuhkan informasi tentang cara pembuatan vermikompos secara sederhana, bagan dan gambarnya bisa diperoleh disini: Brosur Vermikompos.)

Entry filed under: Liputan, Pictures of Bioter. Tags: .

Vermikompos: Saatnya Menanam Cacing!!!

7 Comments Add your own

  • 1. r  |  6 June 2009 at 00:41

    malem2 iseng menjelajah arsip2 postingan yg dulu2.. diiringi you and me song by the wannadies..
    hasilnya, ada beberapa hal yg kepikiran dalam benak diriku:

    1. jadi terharu euy pas baca postingan yg Kegigihan Petani Sukses!
    hiks.. betapa getir perjuangan menanam di kala malam dan gelap dan dingin itu.. mana hujan, ga ada ojek, becek.. dibandingkan dengan sekarang.. brokolinya udah berbuah.. udah bisa dipegang2, difoto2, dibawa ke rumah masing2, dimasak, dimakan.. T_T
    dan seinget saya.. saat postingan itu pula Photo of the Week pertama kali diluncurkan.. saat itu potonya adalah sebuah poto yg menggambarkan ekspresi kepuasan tiada tara dari teman2 kita.. T_T bagi yg ingin bernostalgia (walaupun baru beberapa bulan sih ;p) silakan diliat lagi postingannya, kawan2..

    2. sadarkah kalian teman2..
    postingan yang sedang kalian lihat ini adalah postingan perdana kita setelah kita pindah ke wodpres..
    yg mengejutkan,, ternyata ga ada komennya loh!!! ::shocking::

    3. tidur ah.. ngantuck..

    Reply
  • 2. icetea  |  10 June 2009 at 16:14

    nih..isti tambahin komennya untuk postingan pertama kita…. (kita???Ryan kali)

    Wah..benar-benar terharu dan berterima kasih banya, k rian bisa membuat komunikasi bioter’s semakin lancar

    Terharu juga… akhirnya sdh sampai dipenghujung kegiatan…

    Hmmm…rasanya ingin melakukan sesuatu lagi di sana, setelah program ini, ada ide kawan??

    Tapi, bulan ini kita masih ada kegiatan lgi lowh…. syukuran!!!
    Tumpengan yuks?? Ada yang bisa bikin tumpeng???

    Reply
    • 3. r  |  10 June 2009 at 19:50

      jgn ke saya ah sti..

      kan kita semua bareng2 kerjanya (tp perasaan saya mah ga kerja xixixixixi….)

      tumpeng.. saya bisa kok.. ngancurinnya.. gxixixixi!

      Reply
  • 4. icetea  |  10 June 2009 at 16:40

    Mmmm…akhir-akhir ini jadi jarang ketemu ya?? Pada sibuk TA ya??
    SMANGAT!!!!

    Ryan ayo cepat…smangat TA…lulus OKTOBER kan!!!!

    Reply
    • 5. r  |  10 June 2009 at 19:53

      di sekitar 2helix tadi ketemu nadia.. beberapa saat kemudian sbnrnya liat sinta juga sih, mo nyapa tapi jauh, males teriak2..

      oktober?? apa itu??? myehehehe..

      Reply
  • 6. ice tea  |  1 February 2010 at 14:51

    hufff…buka2 file lagi tgl 1 februari,..teringat janji mo ngajak k ciwidey tea…tp g jadi-jadi ..yuk ah..kapan yah?

    Reply
  • 7. mastekop  |  12 December 2010 at 16:43

    masih punya artikel bioter gak ya, kalo saya punya cairan biakan bakteri, gimana caranya mencek isinya bakteri apa saja ya …..
    tolong kirim info ke mastekop@yahoo.co.id
    makasih ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender Bioter

March 2009
M T W T F S S
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Bioter’s History

Kunjungan ke Blog Bioter

  • 32,691 kali

%d bloggers like this: